Beranda · Binis · Peluang Usaha · Tips Usaha · Tokoh Inspirasi

10 Karakteristik Wirausaha Sukses


Untuk memulai usaha kayaknya seorang pengusaha mungkin harus tahu dahulu tentang karakteristik seorang wirausaha yang bakal sukses. Berikut beberapa karakteristik para pengusaha:

1.    Disiplin

Pentingnya kekuatan disiplin, memupuk sikap disiplin sejak dini pada usia anak-anak adalah salah satu faktor para wirausahwan menjadi sukses. Kekuatan disiplin akan sangat berpengaruh terhadap sikap dan komitmen dan kejujuran terhadap waktu serta akan meningkatkan sikap kemandirian juga memupuk jiwa kepemimpinan. Kerja keras serta Kemauan pun akan didapat dikarenakan disiplin terhadap perencanaan dan waktu.

2.    Mempunyai Komitmen Tinggi

Komitmen tinggi terhadap apa yang dicita-citakan, berarti teguh dalam pendirian, disiplin dalam berusaha. Mempunyai komitmen yang tinggi adalah karakteristik seorang wirausahawan sukses.

3.    Kejujuran

Jujur dalam bekerja adalah suatu karakteristik yang wajib anda ketahui, karena dengan bersikap jujur membawa pada sikap percaya diri, memperbanyak relasi untuk melakukan bisnis, memudahkan bernegosiasi.

4.    Mengasah Kreatifitas dan Inovatif

Kreatifitas akan mendukung suatu usaha untuk terus berjalan dan maju. Mempunyai produk yang unik hasil dari kreatifitas dan inovatif, mempunyai keunggulan yang berbeda dari produk lainnya.

5.    Sikap Mandiri dan Realistis

Sikap mandiri adalah mempunyai tujuan yang mulia, ikhlas, bukan didasari karena ambisi tapi karena Tuhan Yang Maha Esa. Realistis melihat peluang usaha dan dalam mengerjakan usaha.

6.    Berani menghadapi Resiko

Resiko untuk gagal pasti selalu menerpa, jangan takut untuk gagal tapi anda harus dapat mengendalikan kerugian usaha anda. Bagaimanapun kegagalan adalah jalan sukses para wirausahawan.

7.    Mampu Melihat Peluang

Karakteristik seorang wirausaha berikutnya pengusaha harus mampu untuk melihat peluang bisnis. Sudah banyak bukti seorang pengusaha yang sukses karena ia melihat peluang yang bagus untuk dimanfaatkan sebagai bisnis. Dan menjadi pendorong untuk terus maju dalam pengembangan usahanya.

8.    Mempunyai Jiwa Kepemimpinan

Wirausaha adalah seorang pemimpin untuk dirinya sendiri dalam kedisiplinan, kejujuran dan komitmen untuk bekerja. Serta dapat memandu dan mengelola SDM yang ada. Pemimpin bukan hanya dapat memerintah tapi dapat mendorong jiwa setiap orang untuk dapat maju bersama, mempengaruhi dan memotivasi bekerja. Sehingga produktivitas kerja dapat di kendalikan.

9.    Kemampuan Manajerial

Pengelolaan administrasi serta pengelolaan sumber daya adalah salah satu kemampuan yang dapat anda gali dan mencarinya dengan cara terus belajar, entah itu dari sekolah, seminar, pelatihan. Ini adalah mendorong bahwa setiap seorang pengusaha harus terus belajar untuk mengendalikan diri serta mengndalikan orang-orang sekitar.

10.    Sikap Percaya Diri

Kepercayaan diri mungkin akan menjadi motivasi tersendiri bagi seorang wirausahawan muda, untuk sukses sikap percaya diri adalah salah satu yang terpenting, dengan memupuk sikap percaya dengan ilmu dan kemempuan manajerial yang cukup akan mengantarkan menjadi seorang wirausahawan sukses.

10 karakteristik wirausaha sukses diatas mungkin hanya sebagian akrakter yang terdapat dalam diri seorang pengusaha. Masih banyak lagi faktor lainnya yang dapat anda dapatkan dan kembangkan dalam perjalanan anda menjadi seorang pengusaha. Dan jangan lupa bahwa faktor religius dan sosial juga akan mempengaruhi kesuksesan dalam berusaha.

Artikel keren lainnya:

2 Tanggapan untuk "10 Karakteristik Wirausaha Sukses"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Menarik banget. Oiya, saya juga nemuin nih artikel keren yang ngebahas tentang tanda-tanda seseorang bakal jadi orang sukses, tapi sayang banget jarang disadari. Cek di sini ya man teman: Tanda kesuksesan yang jarang kamu sadari

    ReplyDelete