Beranda · Binis · Peluang Usaha · Tips Usaha · Tokoh Inspirasi

Tips Cara Memulai Usaha Modal Kecil







Modal adalah persoalan yang sangat krusial dan klasik, karena dengan modal itu maka suatu usaha dapat dijalankan, tapi jangan mengartikan bahwa modal hanya tertuju pada duit, modal disini adalah modal usaha selain dari duit walaupun duit juga penting, tapi modal yang lain seperti ide bisnis, semangat, dan tentunya modal keberanian dari seoarang wirausahawan.

Analisa Usaha

Awal dari cara memulai usaha adalah dari menganalisa dan mempelajari usaha apa yang akan kita tekuni adalah suatu hal yang cukup baik, karena dengan adanya riset maka kita akan mengetahui sisi baik dan buruknya suatu usaha tersebut. Apabila kelayakan suatu bisnis sudah dapat kita baca dan bisnis tersebut menguntungkan serta membuat kita nyaman, nyaman adalah sesuatu yang terpenting yang berarti kita menikmati bisnis tersebut walaupun bermodalkan minim dan mendapatkan keuntungan yang tidak seberapa mungkin untuk awal usaha.
Setelah itu kita dapat mengembangkan dan membuka usaha tersebut di berbagai tempat, dengan modal kecil dan untung yang kecil pula tapi kalau di kalikan banyaknya cabang atau membuka usaha diberbagai tempat, ini akan menjadi usaha yang bukan untung kecil tapi untung banyak.
Analisa usaha dapat anda lakukan dari mulai perencanan keuangan/modal, pemasaran, riset pasar, pelajari kompetitor, inovatif (keunggulan produk).

Riset Pasar

Selanjutnya riset pasar adalah salah satu penunjang akan hidup tidaknya usaha kita nantinya. Maka riset pasar juga sangat penting dikarenakan dapat membuat kita tetap bersemangat untuk melanjutkan bisnis kita. Riset pasar juga termasuk pada perencanaan awal selain dari modal usaha.
Memulai usaha dapat meluangkan waktu sedikit untuk mempelajari pasar. Kita harus tahu pasar, artinya kita harus mempelajari lingkungan usaha kita dan pelanggan kita, apa yang kita harus unggulkan dari produk yang kita buat. Sehingga memunculkan kualitas bukannya kuantitas belaka tapi membuat keunggulan dari pesaing kita.

Riset Saingan / Kompetitor

Coba anda teliti dan amati kompetitor yang ada di lingkungan usaha anda, apakah usaha kompetitor anda maju ataukah biasa-biasa saja. Ini merupakan hal yang cukup penting dengan adanya kompetitor kita akan terpacu untuk mendapat ide yang baru, segar dan inovatif.
Kompetitor bukan saingan yang harus di takuti atau di musuhi justru kompetitor adalah pemacu kita untuk tetap terus maju dan berinovasi dan berkreasi lebih baik dari kompetitor kita, itu yang terpenting dari kita mempelajari kompetitor dan lingkungan kita secara keseluruhan.

Jual keunggulan produk bukan harga

Maksud dari jual keunggulan adalah kita menjual kualitas produk atau jasa kita dibandingkan dengan prduk lainnya, bukannya kita bersaing di harga tapi tingkatkan kualitas dan kaunggulan produk kita pada pelanggan.
Semoga tips cara memulai usaha ini dapat menginspirasi anda, mungkin banyak tips lain yang bertebaran di beberapa tempat. Dan tips ini mungkin hanya dapat mewarnai pemikiran para pembaca dan dapat menginspirasi. Semoga bermanfaat luangkan waktu untuk belajar dan berfikir sejenak.

Contoh beberapa usaha modal kecil: Jualan pulsa, menjadi distributor, Jasa pengetikan, Jajanan sehat, dan banyak yang lainnya. Mungkin pada kesempatan lain kita akan bahas beberapa contoh usaha dengan modal kecil.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Cara Memulai Usaha Modal Kecil"

Post a Comment