Beranda · Binis · Peluang Usaha · Tips Usaha · Tokoh Inspirasi

Bisnis Mahasiswa



Bisnis Mahasiswa adalah kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, zaman sekarang mahasiswa masih minta-minta, dan meronta ke orang tua untuk meminta jatah untuk uang jajan, udah gak zamannya barang kali. Mahasiswa sudah bukan lagi masih bermanja-manja sama orang tua.

Mahasiswa sianggap sudah dapat berfikir dan dewasa untuk dapat mandiri, sehingga usaha untuk mendapatkan sekedar jajan, itu sih dapat mencari sendiri, entah itu dari jasa atau jualan kecil-kecilan dan sudah banyak yang melakukannya. Dan sudah banyak contoh pula untuk di tuliskan disini.

Tidak juga bercanda dan bersantai-santai, bermain lah sambil mencari peluang. Ciptakan inovasi dan menungkan ide segar kedalam tulisan dan laksanakan, mahasiswa adalah kaum intelek yang menyiapkan segalanya dengan cukup matang dan selalu memakai ide dan kerja keras serta jiwa yang menggebu (bersemangat), untuk dapat maju dibidangnya.

Sesuaikan dengan hobi dan bakat


Bisnis Mahasiswa biasanya di dilakukan atas dasar hobi mereka, yang sukanya jalan-jalan yang bisnisnya travel, hobinya masak ya usaha kuliner. Adapun mahasiswa yang usahanya disesuaikan dengan jurusan kuliah yang mereka pilih. Misalnya saja guru bahasa mereka bisa usaaha jasa private bahasa atau penerjemah. Di bidang IT misalnya pula desain website atau service komputer, install aplikasi komputer, dll.

Mahasiswa dapat menempatkan hobi dan bakatnya sebagai dasar untuk menentukan usaha apa yang akan mereka geluti. Tentunya dengan perencanaan yang matang dan mengaplikasikan perencanaan dengan kerja cerdas, dan action. Jangan pikirkan hasilnya didepan tapi lakukan yang terbaik dahulu, dan pasti hasilnya akan memuaskan.

Ragam bisnis mahasiswa


Banyak bidang yang dapat mahasiswa geluti untuk dijadikan usaha kecil-kecilan, usaha itu ya dari kecil dulu, karena kita juga hidup dari janin-bayi sampai dewasa dan berusaha sendiri untuk dapat hidup dan menghidupi yang lainnya, ciptakan peluang pekerjaan untuk yang lainnya.

Apa sih usahanya? Sebagai contoh saja yaitu:

Usaha jualan buku, Jualan Pulsa, Usaha jasa private guru les pelajaran ataupun musik, jasa ketikan, jasa percetakan, jasa penerjemah, desain grafis. Mahasiswa juga banyak yang bisnis online dengan menjual eBook atau jadi penjual online, menjadi Blogger, desain website atau menjadi publisher iklan tertentu.

Bagaimana bisa mahasiswa usaha?, tentu bisa dong, banyak contoh yang dapat disajikan dan terlalu banyak mungkin untuk dapat dituliskan disini. Mungkin jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tentu saja bisa, sangat bisa malah. Banyak waktu untuk melakukan usaha dan belajar.

Takut bangkrut, mahasiswa adalah pelajar, waktunya belajar untuk mendapat peluang. Ketika bangkrut harus bisa bangkit. Karena mahasiswa adalah penerus generasi teruslah berjuang dengan ide dan kreatifitas, bukan hanya dengan kerja keras tapi kerja cerdas dan bertanggung jawab.

Beberapa contoh mahasiswa menjadi pengusaha


1.    Hafiza Elfira mahasiswa UI (Universitas Indonesia) adalah seorang pengusaha socialpreneur, yang usaha yang digelutinya mempunyai dampak positif bagi orang lain.
2.    Yassa Singgih adalah pengusaha juga mahasiswa yang bergelut dibidang usaha Fashion dari umur 15 tahun sampai dapat membiayai kuliah sendiri.
3.    Nicholas Kurniawan, adalah pengusaha eksportir ikan hias, melalui online juga ia memasarkan ikan hiasnya.
4.    Hamzah Izzulhaq, adalah pengusaha franchise bimbel, yang digelutinya pada waktu lulus SMA dan kini sudah mempunyai perusahaan sendiri.
5.    Victor Giovan Raihan, adalah seorang pengusaha teh susu fermentasi, dan sekarang menjadi usaha frinchisenya mempunyai beberapa outlet.
6.    Theresia Deka Putri, 24 tahun, ia mulai usaha dari semenjak umur 20 tahun, seorang pengusaha Kopi luwak yang mempunyai omzet hampir 1M, bayangkan saja sudah muda sudah dapat berpenghasilan yang keren.
7.    Riezka Rahmatiana, Seorang pengusaha kuliner pisang ijo, yang dia rintis semenjak kuliah, sekarang omzetnya sudah ratusan juta per bulan dari beberapa outlet yang ia buka.

Mereka adalah para pengusaha yang cerdas membaca peluang dan mereka juga bukannya tanpa kegagalan, justru tokoh pengusaha muda diatas adalah sosok pejuang yang tangguh untuk bisa bangkit dan menjadi pengusaha muda yang sukses, semenjak dibangku kuliah bahkan di bangku sekolahan.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi anda para pembaca, anda dapat mencari beberapa referensi dari mulai peluang usaha sampai analisis usaha di blog ini, atau dari mbah google. Action pengusaha adalah “cerdas membaca peluang dan lakukan terus walau belum sempurna dapat bangkit apabila terpuruk”.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Bisnis Mahasiswa"

Post a Comment